* { margin: 0; padding: 0; box-sizing: border-box; font-family: Arial, Helvetica, sans-serif; } body { background-color: black; } .badan { width: 880px; margin: 35px auto; background-color: white; padding: 20px; overflow: hidden; } .badan h2 { color: crimson; border-bottom: 1px solid gainsboro; margin: 5px; margin-bottom: 13px; } .list-produk { border: 1px solid gainsboro; padding: 10px; float: left; width: 200px; margin: 5px; } .list-produk:hover { transition-duration: 700ms; box-shadow: 5px 5px gainsboro; } .list-produk img { width: 100%; height: 175px; display: block; margin-bottom: 5px; } .list-produk h4, .list-produk h5 { color: crimson; text-align: center; margin-bottom: 5px; } .tombol { text-decoration: none; border-radius: 7px; padding: 7px; display: block; float: left; width: 45%; margin: 4px; text-align: center; color: white; } .tombol:hover { background-color: black; transition-duration: 700ms; } .tombol-detail { background-color: green; } .tombol-beli { background-color: crimson; }
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merubah Permalink Wordpress

Cara merubah permalink wordpress dengan menghilangkan tahun dan bulan pembuatan artikel. CMS Wordpress memiliki banyak keunggulan dibanding blog atau CMS website yang lain. Modifikasi template yang cukup mudah juga menjadi salah satu keunggulan CMS Wordpress Worpress. Instalasi Plugin Wordpress ini juga lumayan simpel. Kita tinggal masuk ke dashboard dan menambahkan plugin yang sesuai dengan kebutuhan website.
Kali ini Kang Mis mau posting tentang cara merubah URL atau permalink Wordpress supaya lebih pendek. Url pendek akan mempengaruhi Optimasi SEO Website karena seperti yang kita tahu bahwa Google lebih menyukai url singkat dengan keyword yang jelas. Defaultnya wordpres menyertakan tahun dan bulan di badan url. Ini karena memang worpres digunakan orang sebagai catatan pribadi. Tahun dan bulan sebagai petunjuk kapan posting tersebut dibuat.

Oke dech.. Pertama Login Wordpress anda. 
Selanjutnya anda akan dibawa ke dahsboard wordpress. Buka Tab Setting dan dan klik permalinks. Akan muncul beberapa pilihan konstruksi permalink. Pilih salah satu, dalam hal ini saya memilih %postname% agar tahun dan bulan tidak ikut serta di permalink website saya. Klik Save Change untuk menyimpan perubahan.


Sekarang lihat hasilnya dengan mengunjungi Front Page Website anda.  Klik salah satu posting yang pernah anda buat sebelumnya. Ingat ya.. posting, bukan page.

Jika website sudah berumur lumayan lama dan secara otomatis google masih menggunakan permalink lama, sedangkan permalink baru diubah beberapa jam yang lalu. bagaimana..?? Caranya redirect url lama ke url yang baru dengan membuat .htaccess di root directory website. Redirect ini akan mengalihkan url lama ke url yang baru dengan menghilangkan tahun dan bulan di struktur url web. Tetapi jika .htaccess sudah ada sebelumnya anda tinggal menambahkan baris redirect dibawah.
RewriteRule ^([0-9]{4})/([0-9]{1,2})/([^/]+)/?$ /$3/ [R=301,L] 
Caranya login ke akun FTP anda dan edit file .htaccess yang ada directory paling atas [baca : Mengenal file .htaccess].

Jika Wordpress anda ada disubfolder masukkan Rewrite Rule berikut di .htaccess :
RewriteRule ^([0-9]{4})/([0-9]{1,2})/([^/]+)/?$ /subfolder-anda/$3/ [R=301,L]
Gambar di atas adalah htaccess Website Jasa Saya.. Ada berbagai macam rule yang masuk disitu. Jadi saya menyisipkan rule Redirect Blog diantara tumpukan Rewrite Rule saya sebelumnya.
Harap hati-hati. Jangan menimpa htacess lain jika sebelumnya anda mempunyai htaccess yang digenerate CMS lain dalam satu domain. Jika htaccess CMS lain terhapus atau tertimpa maka CMS yang bersangkutan tidak bisa bekerja sempurna atau bahkan blank.

Terima kasih udah mampir di blog Saya... :)


m