* { margin: 0; padding: 0; box-sizing: border-box; font-family: Arial, Helvetica, sans-serif; } body { background-color: black; } .badan { width: 880px; margin: 35px auto; background-color: white; padding: 20px; overflow: hidden; } .badan h2 { color: crimson; border-bottom: 1px solid gainsboro; margin: 5px; margin-bottom: 13px; } .list-produk { border: 1px solid gainsboro; padding: 10px; float: left; width: 200px; margin: 5px; } .list-produk:hover { transition-duration: 700ms; box-shadow: 5px 5px gainsboro; } .list-produk img { width: 100%; height: 175px; display: block; margin-bottom: 5px; } .list-produk h4, .list-produk h5 { color: crimson; text-align: center; margin-bottom: 5px; } .tombol { text-decoration: none; border-radius: 7px; padding: 7px; display: block; float: left; width: 45%; margin: 4px; text-align: center; color: white; } .tombol:hover { background-color: black; transition-duration: 700ms; } .tombol-detail { background-color: green; } .tombol-beli { background-color: crimson; }
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Redirect URL 301

Cara membuat redirect URL 301 di .htaccess. Redirect berfungsi untuk mengalihkan halaman atau sebuah subdirectori yang diakses ke halaman baru. Jadi jika ada salah satu mengunjung kita mengakses halaman yang sudah kita ubah maka dia akan secara otomatis dialihkan ke halaman baru. Aturan ini juga berlaku bagi Google. Google akan menghentikan proses perayapan atau crawling ke directory tertentu jika httaccess memerintahkan bot google tadi untuk beralih ke halaman yang baru.
Keuntungan memakai aturan ini terlihat saat anda menggunakan Google Webmaster. Selama kita belum membuat aturan ini maka di dalam Google Webmaster akan ditemukan banyak sekali Crawl Error yang memberitahukan bahwa ada beberapa link dalam website yang telah kehilangan anchor ke url terkait. Padahal ini bukan sebuah kesalahan yang tidak disengaja tetapi memang web developernya yang menghapus halaman atau directory halaman untuk tujuan tertentu.
Adapun contoh script .htaccess sbb :
Options +FollowSymLinks
RewriteEngine on
RewriteRule (.*) http://www.domainatausubdomainbaru.com/ [R=301,L]
Di samping anda dapat mengalihkan ke halaman yang baru. Anda juga dapat mengalihkan akses ke subdirectory ataupun subdomain Website anda. Contoh di sini saya sudah megalihkan semua permintaan dari subdomain http://www.greenkomputer.com/blog menuju domain utama saya yaitu http://www.greenkomputer.com. Jadi saya membuat rule htaccess redirect di dalam folder http://www.greenkomputer.com/blog.
Options +FollowSymLinks
RewriteEngine on
RewriteRule (.*) http://www.greenkomputer.com/ [R=301,L]
Secara otomatis semua permintaan dari http://www.greenkomputer.com/blog akan dialihkan secara permanen ke http://www.greenkomputer.com. Status dapat kita lihat di proxy cache mikrotik atau squid kita dengan baris akses URL Move Permanently yang menginformasikan bahwa URL telah dialihkan secara permanen oleh empunya website.
Untuk aturan atau rule pada permalink yang kompleks akan saya posting lain kali... :)

m