Website Akbid Ar-Rum Salatiga diHack

Kali ini saya iseng2 posting soal website resmi Akademi Kebidanan Ar-Rum Salatiga yang dihack orang. Ceritanya tadi siang saya diminta pihak kantor Akbid Arrum untuk membenahi hotspot dan jaringan yang sedang bermasalah. Ehh,, ndelalah sayanya malah lagi nyari anten di Jogja. Sorenya niatan mau saya tangani tapi pihak kampus bilang kalau koneksinya bermasalah karena line speedy yang bermasalah dan hotspot sudah kembali normal. Malamnya saya checking website official, mau nyatet nomor telpon kantor buat arsip. Google saya buka dengan keyword Akbid Arrum Salatiga ... 
Tetapi ternyata apa yang saya cari tidak ditemukan. Dari list Serp Google bertuliskan hacked by : blablabla..
Langsung saya menuju TKP www.arrum.ac.id dan mencoba menelusuri ada apa gerangan dengan konten website tersebut. Satu-persatu tehnik pencarian dan pengumpulan data untuk mencari kebenaran dari sebuah peristiwa yang sedang terjadi, menimpa salah satu institusi Akademi Kebidanan di kota Salatiga akhirnya harus segera dilakukan. (Hahhaa.. Lebay banget ya... Detektip ya'e... ). Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari dalang dibalik penyerangan situs tersebut. Biasanya si hacker akan meninggalkan jejaknya dengan nama samaran cyber crimenya di dunia maya. Nama samaran yang biasa dipakai hacker dunia mayapun tidak saya temukan di halaman utamanya. Si kriminil biasanya memakai nama-nama yang menurut mereka keren, seperti Dragon Fire, Gr3y_H0le atau apasajalah yang berbau ngeri,, hihi (klo saya sich pake Nick Bl4ck_Shad0w,, tapi itu jaman bahula,, ikut2an ngeksis ceritanya)
Sreen Shot seperti ini.. Hanya meninggalkan organisasi sekawannya, yaitu Brotherhood of Myanmar Hackers. Kalau bahasa indonesianya kayaknya Persaudaraan Para Hacker Myanmar gitu.,


Percobaan kedua adalah melihat cache google yang tersimpan sebelumnya. Barangkali mereka telah memodifikasi halaman Hacked'nya.. Ternyata bener.. 
Si pelaku sebelumnya membuat halaman yang berbeda di konten hosting website besangkutan. 


Nahh loo.. sekarang ketemu nick-nick yang sering melakukan attack website-website di internet.. Ketauan loo... uniknya si komplotan mengatsnamakan hacker Myanmar. Terbukti halaman tersebut bertuliskan Happy Myanmar New Year. Tetapi yang aneh, resource JavaScript yang dipakai adalah kepunyaan anak indonesia sendiri. Juga disematkan script Screen Saver Js.. Pinter juga ni orang, bisa menemukan celah kelemahan CMS Joomla yang terkenal sudah banyak patching sana sini untuk tujuan keamanan web.

Screenshot Script anti clicknya Tutul,,, ehh... tuyul...


Ironis juga ya.. Benar-benar orang yang kurang kerjaan. Sukanya ngerusak benda-benda orang lain. Yach.. Semoga dari pihak akademik segera mengambil alih website tersebut. Agar kelak orang yang ingin mencari informasi kampus tidak kebingungan dan segeran mendapatkan informasi yang mereka cari. 

Sekian dulu blogging malam saya sobat. Jangan ikut-ikutan ya. Gunakan ilmu pengetahuan untuk kemanfaatan orang lain.
Met malem ,, Dah ngantuk eg, tinggal 1/2 watt.........

Labels: hacking

Thanks for reading Website Akbid Ar-Rum Salatiga diHack. Please share...!

Back To Top