* { margin: 0; padding: 0; box-sizing: border-box; font-family: Arial, Helvetica, sans-serif; } body { background-color: black; } .badan { width: 880px; margin: 35px auto; background-color: white; padding: 20px; overflow: hidden; } .badan h2 { color: crimson; border-bottom: 1px solid gainsboro; margin: 5px; margin-bottom: 13px; } .list-produk { border: 1px solid gainsboro; padding: 10px; float: left; width: 200px; margin: 5px; } .list-produk:hover { transition-duration: 700ms; box-shadow: 5px 5px gainsboro; } .list-produk img { width: 100%; height: 175px; display: block; margin-bottom: 5px; } .list-produk h4, .list-produk h5 { color: crimson; text-align: center; margin-bottom: 5px; } .tombol { text-decoration: none; border-radius: 7px; padding: 7px; display: block; float: left; width: 45%; margin: 4px; text-align: center; color: white; } .tombol:hover { background-color: black; transition-duration: 700ms; } .tombol-detail { background-color: green; } .tombol-beli { background-color: crimson; }
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjaga Kenyamanan Warnet

Bisnis Warnet butuh ketelitian dan maintenance yang lumayan ekstra. Kedisipilinan dalam pengerjaan keseharian diperlukan agar jumlah modal untuk membuka bisnis warnet anda tidak sia-sia. Kebanyakan para pebisnis warnet sukses dalam menjalaninya. Karena memang pada dasarnya bisnis warnet tidaklah terlalu sulit, hanya saja butuh ketelitian dan kedisiplinan. Warnet yang nyaman akan menjadi referensi pelanggan. Dan jika kenyamanan warnet tetap terjaga pelanggan tidak akan pindah ke lain hati. Kenyamanan di sini bisa kita nilai dari tempatnya ataupun sumber daya yang mengurus dan melakukan maintenance warnet. Tempat yang jorok, banyak asap rokok, debu rokok bertebaran dan bungkus plastik berserakan dimana-mana jelas akan membuat pelanggan anda kabur. Begitu juga dengan sumberdaya manusianya. Coba bayangkan jika operator warnet berbicara santun dan siap membantu dan menangani keluhan pelanggan akan membuat pelanggan merasa nyaman. Tetapi jika operator warnet cuek saja, terus-terusan cemberut dan sering marah kepada pelanggan, apa yang akan terjadi..??.
Berikut ini saya ada beberapa tips agar warnet tetap terjaga kenyamanannya di sisi pelanggan.

Membuka Warnet pada waktu yang telah ditetapkan. Pelanggan akan terbiasa datang bertepatan dengan waktu buka yang telah ditetapkan pihak pengelola warnet. Sebagai contoh warnet game ABC .Net terbiasa buka jam 8 pagi maka secara otomatis pelanggan juga akan mengetahui kalau ABC. Net buka jam 8 Pagi.

Operator Ramah. Operator warnet yang ramah akan membuat pengunjung betah berada di warnet bersangkutan. Seperti yang diatas diuraikan bahwa jika operator cuek, galak, dan kumel, tidak pernah menangani keluhan pelanggan maka pelanggan akan merasa kecewa dan memilih untuk berinternet ria di tempat lain.

Menjaga Sistem Tetap Stabil. Sistem jaringan dan semua aksesoris komputer adalah bagian inti dalam bisnis warnet ini. Koneksi internet haruslah stabil dari waktu buka sampai menjelang penutupan. Begitu juga dengan unit PC/Komputer warnet tidak ada masalah selama digunakan. Spesifikasi komputer warnet harus diperhatikan. Untuk Game Online gunakanlah Komputer yang sanggup membuka dan memainkan Jenis Game Online yang beredar dipasaran. Memastikan semua kabel jaringan tidak ada perubahan selama pemakaian. Terkadang pelanggan tidak sengaja mencabut Kabel LAN komputer saat mencoba menancapkan USB flashdisk di panel belakang CPU. Untuk menghindarinya berikan USB ekstender dan letakkan persis di samping LCD Monitor agar pelanggan tidak kesusahan mencapai port USB tersebut. Lebih lengkapnya silahkan baca artikel saya tentang Tips Keamanan Sistem Warnet.

Menginstall semua software pendukung warnet. Pengunjung yang masuk ke Bilik akan membuka sofware yang akan mereka gunakan untuk tujuan tertentu.  Maka dari itu suatu keharusan untuk komputer warnet diinstall semua software yang sering dibuka pelanggan. Sesuaikan dengan pangsa pasar apakah software yang sering dibuka di warnet sekitar. Lebih baik lagi jika anda pasang semua software pendukung warnet. Biarlah pelanggan yang memilihnya. Untuk browser, sematkan dua browser berbeda agar pelanggan dapat memilih salah satu yang paling sering digunakannya. Software pendukung komputer warnet adalah : Mozilla Firefox dan Google Chrome, Microsoft Office, PDF reader, Yahoo Messenger, Player MP3 (Winamp), Player Video (GOM atau VLC Player), Winrar, Flash Player dan lain-lain. Untuk warnet game online, anda tidak perlu menginstall sofware tersebut karena Komputer Game jarang digunakan untuk keperluan browsing. Jenis Game-game yang sedang naik daun dan sedang laris di pasaran sekarang ini antara lain : Point Blank, War Craft, Ayodance, Rising Foce, Perfect World, Counter Strike, Ragnarok Online, Lost Saga dan lain sebagainya . Bisa juga nanti berkembang seiring berkembangnya zaman dan trend Game Online di Indonesia.

Bilik Warnet. Setiap orang butuh privasi masing-masing. Bukan untuk menutup-nutupi orang yang sedang browsing tetapi privasi perorangan juga amat diperlukan. Pelanggan akan lebih merasa nyaman jika orang lain tidak bisa melihat pelanggan tersebut meskipun hanya sekedar membuka email. Perhatikan juga Desain Bilik Warnet. Usahakan untuk memberikan ruang gerak yang longgar agar pelanggan leluasa terus-terusan berada di dalam bilik. Bilik Warnet tidak perlu terlalu tinggi. Trend sekarang misalnya, cukup dengan tinggi bilik 1.5 meter. Yang penting pelanggan sudah merasa terjaga privasinya. Jaga jarak monitor dengan posisi mata tidak terlalu tinggi dan tidak juga terlalu rendah. Peletakan keyboard juga sedemikian. Berikan jarak minimal 35 CM antara lantai dan posisi keyboard.

Jagalah Kebersihan dan Kerapian Tempat. Warnet yang nyaman selalu terjaga kebersihannya. Menyediakan asbak bagi yang merokok. Atau jika perlu meyediakan anda dapat menyediakan ruang khusus atau Smooking Area buat para perokok agar pelanggan yang tidak tahan dengan bau asap rokok bisa betah berlama-lama di dalam warnet. Sediakan tempat sampah agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan yang pada akhirnya akan membuat warnet anda penuh dengan sampah plastik.

Sirkulasi udara lancar. Dengan meyediakan kipas angin yang cukup agar udara dalam ruangan dapat berganti dengan lancar. Bila perlu berikan fasilitas AC (Air Conditioner) untuk warnet anda. Meskipun anda mematok harga sewa lebih mahal daripada milik tetangga tetapi AC akan lebih memberikan kenyamanan tersendiri. Tetapi jika anda tidak menyediakan fasilitas-fasilitas tersebut pastikan bahwa lubang-lubang ventilasi ruangan cukup untuk mengusir pengap dalam ruangan.

Pencahayaan yang cukup. Pelanggan akan merasa nyaman jika pencahayaan cukup. Saat browsing mereka pasti akan mengetikkan kata-kata mereka dengan keyboard yang disediakan. Jika huruf keyboard tidak terlihat gara-gara pencahayaan yang kurang optimal maka pelanggan akan merasa kesusahan untuk mengetik. Pencahayaan juga akan memberikan kesan gebyar pada suatu ruangan. Maka dari itu silahkan anda pasang lebih dari 4 lampu berdaya 20 Watt pada setiap ruangan dengan jumlah bilik 10. Sesuaikan dengan kondisi tempat. Yang penting pencahayaan ruangan cukup untuk menerangi semua sudut bilik.

Sediakan Makanan dan Minuman Ringan. Berdiam di warnet dalam waktu yang lama akan membuat pelanggan anda sedikit merasa lapar atau haus. Mungkin karena panasnya suhu ruangan atau sekedar ingin mencari cemilan sebagai teman browsing. Jadi pelanggan tidak perlu ke luar ruangan untuk mencari minuman atau makanan ringan. Di samping juga produk makanan dan minuman ini menambah profit warnet itu sendiri.

Sediakan Harga Paketan Sewa Internet. Manjakan pelanggan setia dengan memberikan paket internet lebih murah dari harga reguler. Misalnya dengan menyediakan Voucher lebih murah 1000 rupiah daripada menggunakan paket biasa dengan syarat minimal browsing 4 jam sekali pakai. Berlakukan juga sistem member. Bikin member anda bisa memakai komputer warnet dengan sisa member yang telah dibayar pada hari kemaren. Sewa untuk member lebih murah daripada reguler dan paket tapi dengan syarat minimal pelanggan datang sehari sekali dengan pemakaian lebih dari 2 jam perhari. Member bisa mengisikan deposit membernya berapapun juga untuk sisanya dipakai di lain waktu. Sistem ini akan mengikat memer untuk tidak berpindah ke tempat lain. karena ia merasa sudah menjadi anggota dan sudah melakukan deposit di tempat anda.

Tersedia Kamar Kecil. Ini dia.. Kelamaan duduk di bilik warnet sering menyebabkan pelanggan pengen ke kamar kecil. Jadi anda harus menyediakan kamar kecil untuk para pelanggan anda agar sewaktu-waktu jika pelanggan kebelet pipis bisa langsung menuju ke kamar kecil tersebut. Sediakan juga tulisan atau route dimana kamar mandi itu berada, karena biasanya pelanggan malu untuk bertanya dimana kamar kecil berada. lebih-lebih seorang cewek.

Sediakan Headset. Banyak juga orang datang untuk mendownload lagu-lagu terbaru di warnet dan pada saat download selesai user akan mendengarkan lirik lagu yang barusan ia download. Penggemar Youtube begitu juga. Jika tidak ada suaranya rasanya mereka kurang atau bahkan tidak puas jika hanya menonton gambarnya saja tanpa mendengarkan suara. Webcam, Jika anda punya dana lebih tidak ada salahnya untuk memasang webcam pada tiap komputer klien. Barangkali sebagian dari pelanggan anda adalah penggemar video chat.

Value Add Service. Tidak ada salahnya untuk memberikan fasilitas lain. Seperti jual pulsa, jual rokok, jual voucher game online, jual chip, air minum gratis dan lain-lain agar pelanggan anda lebih merasa nyaman. Pelnggan tidak perlu keluar ruangan untuk membeli pulsa jika warnet anda sudah menyediakannya. All in one place. Jadi yang pelanggan butuhkan semua ada di sana.

m