Memperbaiki Crawl Error Google Webmaster

Tips bagaimana caranya melihat dan memperbaiki Crawl Error di blog/website dengan Google Webmaster Tool. Crawl Error adalah kondisi di saat bot seacrh engine tidak menemukan konten yang dirayapi. Mungkin karena permalink yang diubah, posting yang dihapus ataupun karena memang kita sengaja mengubah semua hirarki folder website kita. Webmaster tool memang sangat membantu. Jadi kita akan segera diberitahu manakah url yang mati atau sedang mengalami error code 404. Dalam dunia SEO crawl error juga cukup berpengaruh. Semakin banyak halaman yang mengalami missing link maka Googlebot akan semakin jenus mengunjungi website kita. Sebelumnya mungkin kita sendiri tidak sadar kalau beberapa url yang kita pasang ternyata hilang link-nya. Maka dari itu, sekalian saya bekerja memperbaiki linking Website saya, saya akan memposting bagaimana caranya mengetahui dan memperbaiki crawl error atau kesalahan perayapan Google. Perlu kerja ekstra nich,, karena Crawl Error yang terjadi pada website saya lumayan banyak. Ada sekitar 107 url yang tidak ditemukan. Kesalahan ini terjadi bukan karena CMS yang tidak bekerja sebagaimana mestinya, tetapi memang sekitar 2 minggu yang lalu saya mengubah semua hirarki folder dan subdomain. Padahal yang sudah masuk di database cache google sudah mencapai 300 url lebih. Cukup disayangkan dan sebenarnya saya sendiri tidak perlu melakukan perubahan hirarki folder tersebut.
Lets Do It..!!
Sign In ke Google Webmaster Tool.
Masuk ke menu Crawl Error pada Tab Health. Berharap tidak ditemukan terlalu banyak kesalahan. 

Di situ kita akan tau berapa banyak URL blog/web yang berstatus Not Found.
Jika kita baru saja memperbaiki kesalahan tersebut beberapa saat lalu dan kita yakin tidak ada kesalahan lagi kita bisa mencentangnya pada url yang bersangkutan dan klik Mark As Fixed. Tetapi jika kita tidak mengetahui dimanakah posisi url kita yang kehilangan kait maka kita harus njlimet satu persatu pada url yang ditandai error oleh Google. Untuk perbaikan tersebut, url yang hilang bukan karena perubahan signifikan yang kita lakukan misalnya mengubah permalink ataupun memindah konten. Klik salah satu url error di GWMT. Kesalahan ini biasanya terjadi karena kita membuat navbar [baca : Cara membuat Navbar Blogger] yang linknya tidak valid. Kita bisa melihat serentetan url asal di tab Linked From. Sembari kita lihat errornya mari kita cek url yang ada di Navbar web/blog kita. Kita perbaiki dulu error tersebut, jika sudah kembali lagi ke Google Webmaster dan klik Fetch as Google agar Google melakukan perayapan kembali.
Jika kesalahan terjadi di bagian Sitemap. Kita review ulang apakah sitemap yang kita pakai valid dengan url-url yang ada. Lebih yakinnya bisa anda Rebuild Sitemap dengan plugin yang anda pakai [baca : Plugin Sitemap Wordpress].
Lakukan pengecekan satu persatu dan jika sudah selesai centang semua url yang mengalami error dan klik Mark As Fixed. Tunggu beberapa hari jika error muncul kembali berarti anda belum sepenuhnya memperbaiki link tersebut. 
Untuk perbaikan link karena Hirarki Folder yang berubah secara total ataupun perubahan pada permalink nyusul nanti ya. Masih banyak link yang mau saya perbaiki.. heheh... Semoga bermanfaat..
Labels: seo, website

Thanks for reading Memperbaiki Crawl Error Google Webmaster. Please share...!

Back To Top