* { margin: 0; padding: 0; box-sizing: border-box; font-family: Arial, Helvetica, sans-serif; } body { background-color: black; } .badan { width: 880px; margin: 35px auto; background-color: white; padding: 20px; overflow: hidden; } .badan h2 { color: crimson; border-bottom: 1px solid gainsboro; margin: 5px; margin-bottom: 13px; } .list-produk { border: 1px solid gainsboro; padding: 10px; float: left; width: 200px; margin: 5px; } .list-produk:hover { transition-duration: 700ms; box-shadow: 5px 5px gainsboro; } .list-produk img { width: 100%; height: 175px; display: block; margin-bottom: 5px; } .list-produk h4, .list-produk h5 { color: crimson; text-align: center; margin-bottom: 5px; } .tombol { text-decoration: none; border-radius: 7px; padding: 7px; display: block; float: left; width: 45%; margin: 4px; text-align: center; color: white; } .tombol:hover { background-color: black; transition-duration: 700ms; } .tombol-detail { background-color: green; } .tombol-beli { background-color: crimson; }
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memeriksa Kemampuan dan Teknologi Prosesor

Ada banyak teknologi dan kemampuan yang dimiliki prosesor dalam sebuah sistem komputer atau laptop. Setiap jenis ada keunggulan masing-masing sesuai dengan teknologi yang ditawarkan vendor, termasuk juga harga mempengaruhi kemampuan si procie tersebut. Ibarat kate ni Ono Rego Ono Rupo.
Jika anda penasaran dengan spesifikasi dan kemampuan Prosesor anda. Silahkan cek dengan CPU-Z. Sofware portable nan mungil ini akan menjelaskan Tipe, Teknologi, Core, Instruksi, Jenis Soket yang digunakan dan lain-lain.
Dari Skrinsut di atas dijelaskan bahwa prosesor yang sedang saya gunakan saat ini adalah :
  • Nama Prosesor : Intel Pentium 4
  • Code Name : Prescott, Kode nama yang dimiliki Intel ada banyak Presscott, Northwood dan lain-lain seiring dengan perkembangan teknologi prosesor intel.
  • Package : Socket 775 LGA, ini adalah jenis soket yang dipakai. Untuk LGA ada 775 pin penghubung dengan motherboard. Sedangkan pin 478 ada 478 pin penghubung. 
  • Technology : 90nm, teknologi yang diterapkan, dengan satuan Nano Meter. Jadi prosesor saya saat ini berteknologi inti komponen dalam dengan ukuran 90nm (nano meter) 1/1000.000 meter.
  • Instruktion : MMX, SSE, EM64T. Adalah dukungan instruksi yang dapat dieksekusi prosesor. Makin canggih processor maka dia akan dapat mengeksekusi lebih banyak instruksi.
  • Clock Core : adalah batas kecepatan yang dapat dijalankan, perkalian antara Bus Speed dan Multiplier dan hasilnya adalah Core Speed (kecepatan inti)
Dengan CPU-Z tersebut maka kita akan dapat melihat seberapa canggih dan cepat processor yang kita gunakan.

Download CPU-Z.

m