Mampir Air Terjun Seloprojo

Air terjun Sumuran Seloprojo. Terletak di Desa Seloprojo Kec. Ngablak, Kab. Magelang. Sebenarnya kemaren tidak ada niatan untuk mampir ke situ. Tapi karena temen-temen mak slingker mampir, ya udah diteruskan aja main ke Air Terjun tersebut. Perjalanan kita ke sana sebenarnya bermula dari menjenguk teman di Tembarak, Temanggung yang kata salah satu temenku dia sedang Sekarat. Sampai di sana ternyata anaknya ngguya-ngguyu bagas waras. Jan.. itulah informasi yang dengan mudah ditelan mentah-mentah tanpa menggorengnya terlebih dahulu :). Sebelumnya memang saya dulu sering ke sana, waktu KKN. Sabtu sore pas temen-temen se-posko KKN pulang saya menyempatkan diri untuk sekedar menikmati pemandangan di situ meskipun kadang sendirian. hehe...
Okey seteleh tadi saya posting Air Terjun Sekar Langit saya lanjut membahas soal Air Terjun Sumuran Seloprojo ini. Untuk lokasinya lumayan jauh, karena kita harus berjalan kaki menapaki jalan kecil untuk dapat sampai ke tempat ini. Jarak dari perkampungan mungkin kurang lebih 800 Meter dari tempat parkir. Tempat parkir pun kita harus melewati jalan yang lumayan sempit, hanya 1 meteran. Di sepanjang jalan menuju Air Terjun ini kita akan disuguhkan dengan indahnya perkampungan dusun Ngaglik dan Seloprojo dengan jelas. Di area Air terjun ada gazebo kecil terletak di sebelah kanan Air terjun, jembatan besi yang menjembatani jalan menuju gazebo, dan beberapa fasilitas kamar mandi yang terlihat jarang digunakan. Untuk tiket masuknya Rp. 2.500 termasuk motor, soalnya kemaren saya ke sana 4 orang dengan 2 sepeda motor. Kalau dulu sich gak pernah bayar, soalnya udah kenal sama penduduk sekitar. Dokumentasi KKN dijadikan sebagai alasan. hahahayy...
Sayangnya Air Terjun Sumuran ini kurang begitu mendapatkan perawatan dari penduduk sekitar maupun pemerintah desa setempat. Sedikit investigasi saya pada Kepala Desa Seloprojo (karena saya dulu di posko KKN sering tidur bareng sama beliau dan pemuda sekitar), Pak Gunadi menyatakan bahwa pihaknya kurang begitu mengurus fasilitas tempat wisata tersebut karena takutnya membuat kerusakan terhadap cagar alam tersebut dan gangguan wisatawan luar desa Seloprojo yang kebanyakan adalah anak muda.
Sayangnya kunjunganku ke sana tidak sekalian mampir ke tempatnya Pak Gun (Kades Seloprojo), Soalnya dari luar pintu terkunci dan mobilnya tidak ada di depan rumah. Yang menandakan beliau sudah keluar dari rumah sama istri dan putranya.

Skrinsut saat saya mengunjungi air terjun ini sekitar 2 tahun yang lalu. Tapi kemaren juga masih sama persis, tidak ada perubahan yang begitu signifikan.

Dokumentasi saya 2 tahun silam. Kalau tidak salah pada pertengahan masa KKN. Bersama temen KKN dari Desa sebelah.

Fotonya cewek-cewek... hahah...

Nah.. Kalo yang ini adalah foto terakhir kali di sana. Yakni 2 hari yang lalu.

Pemandangan di samping Air terjun, Pemandangan hutan pinus.
 Sekian, Terima kasih sudah liat-liat catatan saya.. Selamat berhari-minggu :) (malam selasa kalii..)
Labels: wisata

Thanks for reading Mampir Air Terjun Seloprojo. Please share...!

Back To Top